Biografi Aktor Bollywood Anil Kapoor




Anil Kapoor
 
Nama : Anil Kapoor
Tempat Tanggal Lahir : Chembur, Mumbai, Maharashtra, India, 24 Desember 1959


Sekilas Biografi Anil Kapoor :

     Anil Kapoor adalah aktor dan produser film India kelahiran Chembur, Mumbai, Maharashtra, India, 24 Desember 1959. Aktingnya banyak mewarnai layar film Hollywood, termasuk perannya sebagai Mahesh dalam film TEZAAB (1988) yang dibintanginya bersama Madhuri Dixit. Lewat film ini juga Anil mendapat Best Actor Filmfare Awards.

      Perjalanan akting Anil diawali lewat film HAMARE TUMHARE (1979), meski hanya memerankan karakter pendukung. Menyusul kemudian film HUM PAANCH (1980), SHAKTI (1982), WOH SAAT DIN (1983), dan seterusnya.

      Karir Anil terus saja melejit dalam dunia akting, hingga mampu memberikan akting-akting yang mendapat sambutan penoton. Di antara film suksesnya adalah RAM LAKHAN (1988), PARINDA (1988), LAMHE (1991), dan BETA (1992), yang kemudian mengantarkan dirinya kembali meraih Filmfare Best Actor Award.

      Sementara terkait kehidupan pribadinya, Anil Kapoor adalah adik dari Sanjay Kapoor dan suami dari Sunita Kapoor. Dari perkawinannya, Anil dikarunia dua anak perempuan dan satu orang anak laki-laki. Putrinya tertuanya, Sonam Kapoor mengikuti jejak sang ayah dan membintangi SAAWARIYA.

      Pada tahun 2002, Anil memulai debutnya sebagai seorang produser sekaligus pemain melalui filmnya BHAADAI HOO BHAADAI. Sayangnya pengalaman pertamanya ini tak terlalu menarik perhatian penonton. Anil tak menyerah dan pada tahun 2005 kembali memproduseri My Wife's Murder yang juga tak berhasil secara finansial tapi dinilai baik oleh para kritikus. Tak juga jera, Anil memproduseri GANDHI, MY FATHER pada 2007. Kali ini aktor yang telah kenyang pengalaman ini mendapat penghargaan National Film Award dan Special Jury Award.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar