Biografi Artis Bollywood Jaya Bachchan

 
Nama : Jaya Bachchan
Tempat Tgl Lahir : Jabalpur, Madhya Pradesh, India, 9 April 1948


Sekilas Biografi Jaya Bachchan :

      Jaya Bachchan adalah seorang aktris dan politikus India. Ia adalah alumni dari Institusi Film dan Televisi India, Pune. Bachchan menikah dengan Amitabh Bachchan. Anak mereka Abhishek Bachchan juga seorang aktor.

      Setelah tampil sebagai aktris cilik di film Mahanagar pada tahun 1963, ia memulai perannya sebagai dewasa di Guddi pada tahun 1971, film yang disutradarai oleh Hrishikesh Mukherjee. Ia juga bermain dalam beberapa film, diantaranya Jawani Diwani (1972), Koshih, Anamika, Priva Ka Ghar dan Bawarchi. Ia juga bermain bersama suaminya Amitabh Bachchan dalam beberapa film yaitu Zanjeer (1973), Abhimaan (1973), Chupke Chupke (1975), dan Sholay (1975).

      Selama karirnya, ia memenangkan 3 penghargaan Filmfare Best Actress Award, 3 Filmfare Best Supporting Actress Award, dan juga penghargaan Filmfare Lifetime.

      Bachchan lahir di sebuah keluarga Bengali dari pasangan Indira dan Taroon Kumar Bhaduri, seorang penulis dan wartawan. Ia bersekolah di St.Joseph’s Convent School, Bhopal. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Film and Television Institute of India, Pune.

      Ia pertama kali tampil sebagai peran pembantu dalam film Mahanagar pada usia 15 tahun dengan Anil Chatterjee dan Madhabi Mukherjee.

      Ia kemudian memutuskan untuk bergabung di Film and television Institute of India (FTII), pune, untuk mempelajari seni peran dan lulus dengan mendapatkan medali emas. Ia kemudian mendapatkan peran dalam film Guddi pada tahun 1971 sebagai anak sekolahan. Guddi sangat sukses, ia kemudian pindah ke Bombay dan kemabali membintangi beberapa judul film.

     Ia kemudian beradu akting dengan seseorang yang akan menjadi suaminya kelak yaitu Amitabh Bachchan di film Bansi Birju pada tahun 1972. Yang kemudian diikuti dengan fim-film selanjutnya.

      Anak perempuan mereka lahir, ketika mereka sedang mengerjakan proyek Sholay. Ia kemudian memutuskan untuk pensiun dari dunia film dan ingin fokus membesarkan anak. Namun, setelah itu ia kembali ke dunia akting dan membintangi banyak judul film diantaranya Hazaar Chaurasi Ki Maa (1998). Pada tahun 2000, ia tampil di Fiza yang mengantarkannya memenangkan Filmafare Best Supporting Actress Award. ia juga bermain dalam film Kabhi Khushi Kabhie Gham pada tahun 2001 dengan suaminya.

      Bachchan terpilih sebagai “Samajwadi Party Member of Parliament” pada tahun 2010.

      Pada 03 Juni 1973, ia menikah dengan aktor Amitabh Bachchan. Pasangan ini mempunyai dua orang anak: Shweta Bachchan-Nanda dan Abhishek Bachchan, yang juga seorang aktor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar