Biografi Artis Bollywood Juhi Chawla

 
Nama : Juhi Chawla
Tempat Tanggal Lahir : Ludhiana, Punjab, India, 13 November 1967


Sekilas Biografi Juhi Chawla :

      Juhi Chawla adalah seorang aktris, produser, dan presenter televisi asal India.
Setelah dianugerahi sebagai pemenang kontes kecantikan Miss India pada tahun 1984, Chawla memulai karir aktingnya. Ia menjadi salah satu top aktris bollywood dan bermain dalam film yang diangkat dari roman “Oayamat Se Oayamat Tak”. Penampilannya dalam film tersebut membuatnya mendapatkan “ Filmfare Best Actress Award” .

      Juhi Chawla lahir di Ludhiana, Punjab, India. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Dr. S. Chawla dan Mona Chawla.Ia menyelesaikan sekolahnya di Ludhiana sebelum keluarganya pindah ke Mumbai. Ia lulus dari Sydenham College dengan spesialisasi di HR Mumbai. Ia adalah pemenang Miss India tahun 1984, kemudian ia memenangkan sebagai “Best Costume Award” di kontes Miss Universe tahun 1984. Ia juga seorang penari berbakat.

      Pada tahun 1987, ia bermain dalam film Kannada yang disutradarai oleh Rayichandran. Peran pertamanya di Bollywood pada tahun 1988 dalam film “Oayamat Se Oayamat Tak”, dimana ia bermain dengan Aamir Khan. Film tersebut adalah film adaptasi Romeo dan Juliet versi modern. Film tersebut sukses sehingga ia mendapatkan penghargaan dalam “Filmfare Best Movie Award”.

      Pada tahun 1990, ia bermain dalam film Pratibandh yang menjadi box office dan membuatnya memperoleh nominasi “Filmfare Best Actress Award”. Pada tahun 1992 ia juga mendapatkan nominasi yang sama namun dalam film yang berbeda yaitu film Bol Radha Bold an Hum Hain Rahi Pyar Ke. Kebanyakan film Chawla pada tahun 1994-1996 tidak terlalu sukses meskipun ia mendapatkan nominasi Filmfare untuk penampilannya di Daraar. Pada tahun 1997, ia bermain dalam film komedi seperti Yes Boss, Deewana Mastana, dan Isha.

      Selama tahun 2000an, Chawla menajdi presenter dibeberapa acara televisi, termasuk Filmfare Award dan Zee Cine Awards. Ia juga menjadi juri untuk sebuah acara hiburan Jhalak Dikhhla Jaa bersama Saroj Khan dan Vaibhavi Merchant.

      Juhi kemudian berpindah jalur menjadi produser dan menjadi asisten pemilik rumah produksi “Dreamz Unlimited” dengan Shahrukh Khan dan sutradara Aziz Mirza. Dua film pertama yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah Phir Bhi Dil Hai Hindustani dan Asoka. Film ketiganya yaitu Chalte Chalte yang sukses di pasaran.

      Juhi Chawala menikah dengan seorang pengusaha Jai Mehta. Pasangan ini memiliki dua orang anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar