Biografi Aktor Bollywood Aamir Khan




 
Nama : Aamir Hussain Khan
Agama :Islam
Tempat Tanggal Lahir : Mumbai, India, 14 Maret 1965


Biografi :

     Aamir Khan dilahirkan di Mumbai, India dengan nama lengkap Aamir Hussain Khan.Ia dikenal sebagai aktor, produser, dan juga sutradara Bollywood yang pernah mengantarkan filmnya LAGAAN: ONCE UPON A TIME IN INDIA (2001) sebagai nominasi Academy Award untuk kategori Best Foreign Language Film.

      Aamir Khan mengawali karir sebagai aktor sejak usia kanak-kanak, yaitu lewat film perdananya YAADON KI BARAAT (1973) dan MADHOSH (1974). Sukses menjadi peran utama, semakin memantapkan langkahnya menjadi bintang. Banyak tawaran menyusul untuk membintangi film layar lebar.

      Aamir Khan lahir dalam keluarga muslim Pathan yang telah turun temurun menggeluti dunia film. Ayahnya, Tahir Hussain adalah seorang produser film. Sedangkan pamannya, Nasir Hussain adalah seorang produser yang merangkap sutradara dan aktor.

      Telah berakting sejak kecil, namanya mulai mencuri perhatian lewat film QAYAMAT SE QAYAMAT TAK pada 1988 yang disutradarai oleh sepupunya sendiri, Mansoor Khan. Publik segera mengidolakannya karena ketampanan khas seorang hero yang manis. Penampilannya dalam RAAKH makin mengokohkan namanya dan mendapat penghargaan Special Jury Award.

      Film lainnya yang cukup menjadi hit adalah RAJA HINDUSTANI yang dibintanginya bersama aktris cantik Karisma Kapoor. Dalam film ini, Aamir Khan mendapat penghargaan sutradara terbaik pertamanya. Sejak itu, Aamir Khan membintangi beberapa film yang sukses di pasaran seperti ISHQ, GHULAM, DAN MELA.

      Termasuk film-film suksesnya yang lain, DIL (1990), JO JEETA WOHI SIKANDER (1992), HUM HAIN RAHI PYAAR KE (1993), GHULAM (1998), RANGEELA (1995), RAJA HINDUSTANI (1996) dan RANG DE BASANTI (2006).

      Di tahun 2001, Aamir Khan memulai langkahnya untuk menjadi produser dengan mendirikan Aamir Khan's Productions. Film pertamanya LAGAAN mencetak sukses di kancah internasional. Film ini juga mendapat penghargaan sebagai film terbaik nasional dan terpopuler di ajang IIFA dan Filmfare Awards.

      Aamir Khan menikahi Reena Dutta yang memberinya dua anak. Reena sangat berperan besar dalam menentukan karirnya. Namun setelah 15 tahun menikah, mereka bercerai pada Desember 2002. Tahun 2005 Aamir Khan menikah lagi dengan seorang asisten sutradara yang terlibat pada proses film LAGAAN, Kiran Rao.

      Dedikasi dan ketenarannya membuat Aamir Khan diundang untuk pembuatan patung lilinnya di museum Madam Tussaud, London. Sayangnya Aamir Khan menolak karena lebih mementingkan determinasi dan kerja keras dibanding ketenaran. Aamir Khan juga aktif berkegiatan sosial. Dia mengampanyekan pendidikan dan bertemu Hillary Rhodam Clinton dalam sebuah acara tentang pendidikan pada tahun 2009.
 
 

3 komentar:

  1. I love Aamir khan..pengen ketemu..

    BalasHapus
  2. gua ngefans banget sama Aamir Khan...haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  3. gua ngefans banget sama Aamir Khan...haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus